Resep cara membuat semur Jengkol Betawi yang empuk dan tidak terlalu bau

Semur Jengkol Betawi .. HHmm membayangkannya saja perut jadi lapar nih :) . Buat yang suka jengkol, pasti tahu kenapa makanan bau ini bisa bikin ketagihan. Mungkin semua orang akan suka jengkol andai jengkol tidak terlalu berbau. Ya baunya itu yang bikin ada orang yang tidak suka sama jengkol.  Tapi buat yang sudah merasakan sensasi rasanya tentu akan mengabaikan bau jengkol itu.
Supaya jengkol tidak terlalu bau triknya adalah sebagai berikut. Pilih Jengkol yang agak tua. Sebelum diolah jengkol usahakan direndam dulu semalaman dengan air dingin. Setelah direndam semalaman kemudian rebus jengkol dengan ditambah daun jambu biji. Rebus sampai jengkol empuk tapi jangan sampai kelamaan karena bisa hancur. Trik ini bisa mengurangi bau jengkol.

Setelah direbus, buang air rebusan tadi. Kemudian geprek satu persatu jengkol itu sampai gepeng. Kemudian siapkan jengkol untuk segera diolah menjadi semur jengkol ala betawi yang enak. 

Berikut bahan utamanya yaitu:
Jengkol yang sudah direbus dan digeprek tadi.. 500 g

Bumbu
Bumbu kasar:
Serai 1 batang
lengkuas 3 cm
Daun salam 3 lembar

Bumbu halus:
Bawang merah 7 buah
Bawang putih 4 buah
Kemiri 5 buah
Cabai merah 10 buah
pala bubuk 1 sendok
lada bubuk 1 sendok
garam sesuai selera
kecap manis secukupnya



Semur Jengkol Betawi


Cara membuat semur Jengkol
1. Haluskan bumbu halus di atas. Bisa pakai belender atau diulek.
2. Tumis bumbu halus itu di penggorengan atau wajan. Kemudian tambahkan Serai, lengkuas dan daun salam. Tumis sampai tercium bau harum.
3. Masukkan jengkol yang sudah direbus dan digeprek tadi ke dalam bumbu yang sudah ditumis itu sambil diaduk-aduk. Tambahkan air kira-kira 1/2 liter. Tambahkan garam. Tambahkan juga kecap sesuai selera.
4. Setelah dirasa adukannya merata, diamkan sampai airnya mengering. Setelah kering matikan kompor dan jengkol siap dihidangkan. SELESAI

Semur jengkol enak dimakan hangat-hangat dengan nasi hangat. Bisa dicampur dengan lauk lainnya. Selamat mencoba.

Related Posts: