Resep masakan Sayur labu ketupat dan Opor ayam

Tulisan kemarin kami sudah menulis tentang resep cara membuat ketupat yang enak. Tapi ketupat tidak bakal enak kalau tidak ada temannya yaitu sayur berkuah dan lauknya. Biasanya ketupat lebaran dinikmati bersama dengan sayur labu ketupat dan opor ayam.

Resep Sayur labu ketupat
Ok pertama kita akan membahas resep sayur labu ketupat. Untuk sayur ketupat, biasanya saya pakai pepaya muda, sekarang saya coba pakai labu siam.  Ini dia resepnya:
Bahan
1 labu siam ukuran besar
1 ikat kacang panjang
2 wortel ( biar warnanya cantik)
1 sendok makan ebi kering di rendam air hangat
1 sendok makan Gula merah diiris-iris
1,5 liter air (ga diukur banget, sesuai selera aja)
minyak goreng secukupnya untuk menumis
1 karton santan instan
garam secukupnya
lada secukupnya

Bumbu Rempah
2 batang sereh
2 lembar daun salam
2 cm laos

Bumbu Halus
10 cabe merah keriting
10 siung bawang merah
5 butir bawang putih
2 cm kunyit (dibakar)
2 cm jahe
2 butir kemiri (tapi saya ga pake)
1 sdt terasi bakar atau goreng
Cara membuat
1. labu siam, wortel di iris tipis diparut juga bisa tapi jangan yang halus banget. Kacang panjang diiris tipis.
2. Bumbu digiling pake blender aja biar cepet, tumis bumbu sampe harum, etelah itu baru masukkan ebi, gula merah, dan bumbu rempah baru masukkan setelah itu masukkan kira-kira 1 liter air (atau sesuai selera).
3. masukkan sayur, tunggu sampe sayur agak layu baru masukkan santan dan kalo sudah sayurnya matang tambahkan lada dan garam. dicoba dulu ya siapa tau garamnya kurang. karena rasanya beda banget kalo kita masak kurang garam

Ketupat tidak cukup hanya Sayur labu ketupat, jadi kita tambah dengan lauknya yaitu opor ayam. Berikut resepnya.


Resep Opor ayam
Opor ayam juga salah satu masakan khas hari Raya. Resep ini sudah saya coba sendiri. Selama bahannya segar dan bumbu tidak berlebihan rasanya tidak bakal mengecewakan.

Ini dia resep Opor ayam nya
Bahan
1 ekor ayam (kira-kira 1,2 kg) kampung dipotong 12
minyak secukupnya
1 kotak instant santan
bumbu kaldu
garam secukupnya
lada secukupnya

Bumbu halus
10 siung bawang merah
5 butir bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 sdt ketumbar (disangrai)
2 butir kemiri
1 sdt jinten

Bahan rempah
1 batang sereh
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Cara membuat
1. rebus ayam, dengan bumbu rempah sampai mendidih
2. bumbu halus dihaluskan dengan blender, tumis bumbu sampai bumbu matang ditandai  harum, masukkan ke dalam rebusan, rebus kembali sampai ayam matang. masukkan bumbu kaldu
3. Masukkan santan, aduk santan terus supaya tidak hancur. setelah mendidih masukkan lada dan merica. aduk sebentar. sajikan.




Nah kalau Sayur labu dan opor ayamnya sudah jadi tinggal kita hidangkan bersama ketupat. Rasanya yang enak bakal membuat kita tambah dan tambah lagi.. :)
Selamat mencoba...


Related Posts:

Resep cara membuat ketupat supaya tidak terlalu keras atau lembek

Ketupat makanan yang biasanya tersedia ketika lebaran tiba. Ketupat yang enak biasanya tidak terlalu keras ataupun terlalu lembek. Ada resep cara membuat ketupat supaya tidak terlalu keras atau lembek.


Ada beberapa tips untuk memasak ketupat agar didapatkan ketupat yang enak rasanya:
Sebelum beras diisi ke kulit ketupat, beras harus dicuci. Beras harus bersih agar ketupat tidak cepat basi. Kemudian rendam beras kurang lebih setengah jam di air dingin, kemudian ditiriskan. Jika suka, boleh ditambahkan sedikit air kapur sirih ketika merendam beras  karena air dari kapur sirih membuat ketupat lebih awet dan kenyal.

Sebelum mengisi ketupat, Kulit ketupat juga dicuci. Pastikan kulit ketupat bersih dan anyamannya rapi. Ketika mengisi ketupat jangan mengisi terlalu banyak karena nanti hasilnya akan menjadi keras sedangkan jika terlalu sedikit maka akan didapat ketupat yang lembek. Perhatikan juga berasnya pulen atau pera. Kalau berasnya pulen, isinya bisa 2/3 bagian saja pada kulit ketupat. Kalau berasnya  pera, isinya hanya 1/3 bagiannya saja.

Setelah diisi ketupat siap dimasak.  Ketupat sebaiknya dimasak dalam panci tinggi dan besar. Sebelum dimasukkan ketupat, isi panci itu dengan air kemudian masak dulu sampai mendidih. Agar ketupat lebih gurih bisa ditambahkan garam dalam air rebusan ini.
Kemudian masukkan ketupat dan pastikan ketupat terendam air seluruhnya agar matang dengan sempurna.  Jika saat merebus airnya sudah surut tetapi ketupat belum terlalu matang, kita bisa tambah lagi air mendidih sampai ketupat matang. Bisa butuh waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak.

Setelah ketupat matang, angkat ketupat kemudian langsung siram dengan air dingin untuk menghilangkan lendir. Kemudian tiriskan. Kemudian gantung ketupat lalu angin-anginkan supaya kandungan airnya berkurang.



Ketupat bisa disajikan.. Jika ketupat sudah dingin dan ingin makan ketupat yang hangat,  ketupat bisa dikukus (jangan direbus). Itulah sedikit tips membuat ketupat yang enak. Selamat mencoba!!!

Related Posts:

Resep Sate Kambing yang empuk dan enak beserta bumbunya kecap atau kacang

Kita bisa membuat sate kambing yang enak dengan resep sate kambing berikut. Cara memasak Sate kambing yang empuk dan enak bisa didapat dengan cara mengolah daging kambingnya dulu. Sebelum diolah Daging kambing dipotong kecil-kecil. Daging kambing jangan dicuci dengan air karena akan membuat daging menjadi alot dan keras. Sebaiknya Cuci daging kambing dengan perasan jeruk nipis. Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya kira-kira satu jam.
Setelah itu siapkan bahan-bahan untuk dicampur dengan daging sebelum dibakar.



Bahan bumbu yaitu:

5 bawang merah
5 bawang putih
merica bubuk
Kecap secukupnya kira-kira 4-5 sendok makan
perasan Air Jeruk nipis secukupnya
1 sdt Garam
2-3 sdm Minyak Goreng

Bumbu-bahan itu dicampur kemudian dihaluskan bisa dengan blender atau diulek.. Setelah dihaluskan campur bumbu atau bahan tadi  itu dengan daging kambing. Aduk sampai merata. Setelah merata Kemudian tusuk daging sate satu persatu.. Salah satu cara mendapatkan Sate kambing yang lebih enak yaitu sate dimasak dengan dibakar dengan arang.

Sebelum dibakar Oleskan lagi daging tadi dengan bumbu campuran tadi. 
Kemudian Sate dibakar dengan arang sambil dikipas-kipas.
Ketika sate sudah setengah matang lumuri lagi dengan bumbu kecap kemudian bakar lagi.
Setelah matang sate diangkat.

Siapkan saus untuk satenya.

Untuk Bahan Saos Kecap:
3 sdm Kecap manis
1 Tomat dipotong dadu
5 bawang merah diiris
4 Cabai rawit hijau diiris

Sedangkan untuk saos bumbu kacang berikut bahannya:
kacang tanah 250 gr yang goreng kemudian dihaluskan
4 siung bawang putih dihaluskan
5 butir bawang merah dihaluskan
500 ml air
garam dan merica bubuk secukupnya
kecap manis secukupnya

Kita bisa memilih salah satu memakan sate dengan bumbu kecap atau bumbu kacang. Tergantung selera. Campur saus tadi ke sate kambing tadi.. Sate siap dinikmati bisa dengan nasi atau ketupat atau juga lontong.



Related Posts:

Resep Nasi goreng hati ampela ayam

Nasi goreng memang makanan yang enak dan cepat serta mudah dimasak buat sarapan. Nasi goreng bisa dicampur apa aja seperti baso, ayam, udang dan lain-lain. Tapi kali ini kami membuat nasi goreng dengan bahan ampela ati.

Berikut bahan dan cara membuat nasi goreng ampela ati:

Bahan nasi goreng
Nasi untuk 3 porsi
2 pasang ampe hati ayam dirabus potong tipis
2 butir telur
Minyak goreng secukupnya

Bumbu nasi goreng

3 siung bawang putih diiris
5 siung bawang merah diris
5 buah cabe rawit potong kecil2
1 sdt terasi dihancurkan
Garam 1 sdt
Kecap secukupnya

Cara membuat nasi goreng ati ample ayam
Caranya simpel banget, goreng irisan bawang putih, bawang merah sampai wangi ( jangan mentah ya bakal beda rasanya)
Masukan cabe rawit, sampai tercium wangi
Masukan terasi, aduk2 biar tercampur merata
Tambahkan hati ampela tambahkan kecap, aduk sampai kecap panas
Masukkan nasi dan telur aduk sampai nasi tercampur merata
Jangan lupa tambahkan garam dan merica kalo suka ( soalnya saya suka lupa dan rasanya jadi kurang sip)



Kalo sudah yakin matang angkat nasi goreng, sajikan. Lengkapi dengan bawang goreng, kerupuk, timun dan tomat. Nasi goreng hati ampela ayam siap dinikmati.


Selamat mencoba

Related Posts:

Resep Kupat Tahu Khas Ciamis

Ketika kami Jalan-jalan ke kota Ciamis, Jawa Barat,  kami menyempatkan untuk menikmati Kupat tahun  Kupat tahu merupakan makanan khas Jawa Barat yang enak dimakan ketika masih hangat.. Kupat tahu terdiri dari ketupat dan tahu yang dicampur dengan bumbu kacang. Kita sendiri bisa membuat Kupat tahu ini.


Berikut resep Kupat tahu :
1 buah tahu putih besar, digoreng
1 buah ketupat atau lontong
bawang goreng secukupnya
kerupuk merah secukupnya

Resep Bumbu Kacang Kupat Tahu :

3 siung bawang putih
50 gr kacang tanah, goreng
cabai rawit sesuai selera
50 gr gula merah
5 sendok makan kecap manis
1 sendok teh cuka

Cara pembuatan:

- untuk bumbu kacang : haluskan semua kacang, bawang putih, gula merah dan cabai rawit ( cabai rawit bisa dipsah penyajiannya), tambahkan kecap dan cuka.
- potong-potong tahu dan ketupat, tambahkan bumbu, taburkan kerupuk dan bawang goreng.


Selamat menikmati..  .

Related Posts:

Lebih enak mana Lumpia basah atau Lumpia Kering ?

Tentu banyak yang sudah mengenal Makanan khas Semarang Lumpia. Lumpia atau Lunpia merupakan makanan khas Semarang yang mulanya dibuat orang keturunan Tionghoa di Semarang. lumpia aslinya berasal dari China yang dikenal sejak Dinasti Jin Timur atau sekitar tahun 265 hingga 420 masehi. Lumpia ini kemudian menyebar ke banyak negara. Walaupun banyak jenis lumpia, lumpia khas Semarang memiliki ciri khas  yaitu berisi rebungan, Telur, Udang dan Ayam. Sementara di kebanyakan negara lain Lumpia berisi wortel dan sayuran.

Lumpia Semarang disebut dirintis oleh Tjoa Thay Yoe pada tahun 1950an. Tjoa Thay Yoe  merupakan keturunan  Tionghoa yang menikah dengan Wasih, perempuan Jawa. Ada dua jenis Lumpia semarang, yaitu Lumpia Basah (tanpa di goreng) dan Lumpia Goreng. Lumpia Semarang berisi rebungan, Telur, Udang dan Ayam yang kemudian digulung kulit lumpia.

Lumpia Basah
Lumpia Kering


Untuk yang tidak suka makanan berminyak bisa memilih Lumpia basah. Kelebihan dari Lumpia basah bisa tahan sampai 2 – 3 hari, sedangkan untuk lumpia kering  hanya bertahan sehari jika tidak dipanaskan kembali.  Lumpia basah rasanya lebih lembut sedangkan Lumpia kering rasanya lebih renyah namun agak berminyak. Dua-duanya sama-sama enak apalagi kalau dicocol dengan saus khas Lumpia yang dibuat dari campuran maizena, gula merah, garam dan cuka.

Related Posts: