Resep cara membuat ketupat supaya tidak terlalu keras atau lembek

Ketupat makanan yang biasanya tersedia ketika lebaran tiba. Ketupat yang enak biasanya tidak terlalu keras ataupun terlalu lembek. Ada resep cara membuat ketupat supaya tidak terlalu keras atau lembek.


Ada beberapa tips untuk memasak ketupat agar didapatkan ketupat yang enak rasanya:
Sebelum beras diisi ke kulit ketupat, beras harus dicuci. Beras harus bersih agar ketupat tidak cepat basi. Kemudian rendam beras kurang lebih setengah jam di air dingin, kemudian ditiriskan. Jika suka, boleh ditambahkan sedikit air kapur sirih ketika merendam beras  karena air dari kapur sirih membuat ketupat lebih awet dan kenyal.

Sebelum mengisi ketupat, Kulit ketupat juga dicuci. Pastikan kulit ketupat bersih dan anyamannya rapi. Ketika mengisi ketupat jangan mengisi terlalu banyak karena nanti hasilnya akan menjadi keras sedangkan jika terlalu sedikit maka akan didapat ketupat yang lembek. Perhatikan juga berasnya pulen atau pera. Kalau berasnya pulen, isinya bisa 2/3 bagian saja pada kulit ketupat. Kalau berasnya  pera, isinya hanya 1/3 bagiannya saja.

Setelah diisi ketupat siap dimasak.  Ketupat sebaiknya dimasak dalam panci tinggi dan besar. Sebelum dimasukkan ketupat, isi panci itu dengan air kemudian masak dulu sampai mendidih. Agar ketupat lebih gurih bisa ditambahkan garam dalam air rebusan ini.
Kemudian masukkan ketupat dan pastikan ketupat terendam air seluruhnya agar matang dengan sempurna.  Jika saat merebus airnya sudah surut tetapi ketupat belum terlalu matang, kita bisa tambah lagi air mendidih sampai ketupat matang. Bisa butuh waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak.

Setelah ketupat matang, angkat ketupat kemudian langsung siram dengan air dingin untuk menghilangkan lendir. Kemudian tiriskan. Kemudian gantung ketupat lalu angin-anginkan supaya kandungan airnya berkurang.



Ketupat bisa disajikan.. Jika ketupat sudah dingin dan ingin makan ketupat yang hangat,  ketupat bisa dikukus (jangan direbus). Itulah sedikit tips membuat ketupat yang enak. Selamat mencoba!!!

Related Posts:

0 Response to "Resep cara membuat ketupat supaya tidak terlalu keras atau lembek"

Poskan Komentar