Ini dia daftar Makanan-makanan enak di Bandung yang ada di sinetron Preman Pensiun

Suka nonton sinetron Preman Pensiun? Sinetron ini disamping menghibur juga mengenalkan tentang budaya sunda terutama di Kota Bandung termasuk makanannya.

Ada beberapa makanan yang sengaja dimunculkan dalam beberapa adegan di Preman Pensiun. Bagi masyarakat di kota Bandung tentu mengenal makanan-makanan tersebut tapi untuk orang di daerah lain ada beberapa makanan yang mungkin belum pernah dicoba atau bahkan belum pernah didengar namanya.

Berikut makanan-makanan khas Jawa Barat yang ada di Preman Pensiun tersebut :

Wajit Cililin



Wajit cililin merupakan makanan kesukaan kang bahar pemeran di sinetron Preman Pensiun yang diperankan almarhum Didi Petet.  KangBahar suka makan Wajit Cililin  dengan ditemani segelas teh hangat.

Wajit Cililin merupakan makanan yang berasal dari Cililin, Bandung. Wajit Cililin terbuat dari  beras ketan putih dicampur gula aren, gula putih dan santan.  Cara membuatnya dengan cara mendidihkan bahan-bahan itu diatas api yang kecil sambil diaduk hingga adonan matang, kecoklatan dan berminyak. Setelah matang, adonan dibungkus dengan daun jagung yang sudah dipotong-potong. Kemudian dijemur sampai kering dan keras. Rasa wajit cililin ini manis dan gurih.


Ranginang


Ranginang merupakan makanan yang dibawa Uyan untuk Kang Bahar dan mami nya Kinanti.. Kang Bahar dan mami nya Kinanti sangat suka dengan Ranginang pemberian Uyan ini.

Raginang  adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur bumbu halus, gula dan garam. Adonan tadi kemudian dikukus dan dicetak. Setelah itu dijemur sampai kering. Untuk menikmatinya Ranginang ini harus digoreng dulu baru bisa dimakan. Rasa Ranginang ini gurih dan renyah.



Cilok



Pada sinetron Preman Pensiun, Cilok merupakan makanan yang dijual oleh Ubed selepas dia tidak mencopet lagi. Cilok ini juga menjadi makanan kesukaan Diza gadis cantik berjilbab yang jadi langganan cilok Ubed.

Cilok merupakan singkatan dari Aci dicolok. Cilok merupakan makanan yang terbuat dari bahan Aci atau tepung Tapioka. Selain aci bahan untuk membuat cilok yaitu  tepung terigu, gula pasir, merica, kaldu bubuk, garam, bawang putihdan daun bawang. Campuran adonan ini kemudian dicampur dengan air panas kemudian dibentuk bulat-bulat kecil. Setelah itu bulatan cilok itu direbus sampai matang. Cilok ini dinikmati dengan bumbu kacang. Cilok memiliki rasa yang enak dan gurih dengan sensasi kenyal-kenyal aci.

Kue balok Garut



Kue Balok ini makanan kesukaan Kang Mus. Kata Kang Mus, "Kue balok enaknya di dorong sama kopi". Kang Komar juga suka Kue Balok ini dan sukanya hanya kue Balok buatan Garut.

Kue balok ini bentuknya mirip kue pukis namun kue balok isinya padat dan teksturnya agak keras tapi empuk. Kue ini dibuat dari bahan Tepung terigu, Telur, Gula, Margarin, Soda kue, Vanili dan susu. Bahan ini kemudian di aduk sampai rata. Setelah itu masukan air Setelah itu adonan dimasukkan ke cetakan yang sudah dipanaskan. Setelah matang, angkat kue dari cetakan. Kue balok ini bisa bikin kenyang karena isinya padat. Kue balok enak dimakan dengan ditemani Kopi.



Surabi




Surabi ini merupakan makanan yang dibeli Kang Mus untuk berbuka puasa bersama keluarganya. Semua keluarga Kang Mus suka dengan Surabi.

Surabi atau Serabi ini merupakan masakan sejenis pancake yang terbuat dari bahan tepung beras dicampur santan, dan gula pasir. Surabi ini dimasak dalam sebuah cetakan yang dipanggang diatas arang. Surabi biasanya dilengkapi dengan berbagai macam toping. Surabi yang asli dulunya hanya memiliki rasa oncom dan kinca. Namun kini sudah ada bermacam-macam rasa Surabi seperti Surabi rasa keju, coklat, duren dll. Rasa Surabi ini sangat enak apalagi dengan tambahan toping yang beraneka rasa.


Baso Cuanki



Baso Cuanki ini makanan yang suka dimakan Ubed dan Dewi di taman Lansia. Karena hal ini membuat taman Lansia kini dikenal juga sebagai Taman Cuanky. Cuanki adalah makanan khas Bandung.

Cuanki merupakan singkatan dari  Cari uang Jalan Kaki. Baso Cuanki dulunya dijual oleh penjual yang memikul dagangannya dengan berjalan kaki. Baso Cuanki ini sebenarnya mirip dengan baso Malang. Baso Cuanki berisi bakso lengkap dengan siomay, tahu dan mie serta ditaburi bawang daun.



Kue Burayot


Kue Burayot termasuk makanan yang disukai Kang Mus. Kue Burayot ini merupakan Kue Khas Lebaran Asal Garut. Namanya yang unik Burayot membuat jadi penasaran.

Kue Burayot merupakan kue tradisional khas Garut yang terbuat dari tepung beras dan gula aren. Kue ini dibuat dengan cara menggodok gula aren sampai mencair lalu dituang kedalam adonan tepung beras dan santan. Lalu digoreng dengan minyak goreng dengan menggorengnya satu persatu dengan cara disiram sambil ditusuk dengan bilah bambu yang lancip sehingga tepungnya  menjadi menggelayut kebawah atau dalam bahasa sundanya ngaburayot. Karena hal ini juga  kue itu dinamakan Kue Burayot. Kue Burayot rasanya legit dan manis.



Kicimpring


Kang Mus setelah pensiun dari Preman beralih usaha menjadi penjual Kicimpring. Kang Mus membuat Kicimpring dibantu keluarganya dan Ceu Edoh.

Kicimpring diambil dari kata "Cempreng" yang berarti Tipis. Kicimpring bahan utamanya berasal dari singkong dicampur dengan bawang putih, bawang merah, daun bawang, cabai rawit, garam, dan penyedap rasa.  Kicimpring ini mirip opak yang berasal dari parutan singkong dicampur bumbu-bumbu. Setelah tercampur kemudian adonan dipipihkan sampai rata menggunakan garpu. Kemudian direbus sampai matang dan dijemur di bawah terik matahari.  Setelah kering, kicimpring siap untuk digoreng.  Kicimpring setelah digoreng rasanya renyah dan gurih.

Itulah beberapa makanan khas dari Jawa Barat yang semakin terkenal karena sinetron Preman Pensiun.

Related Posts:

0 Response to "Ini dia daftar Makanan-makanan enak di Bandung yang ada di sinetron Preman Pensiun"

Poskan Komentar